Kamis, 06 Desember 2012

Densitometer


Densitometer mengukur cahaya yang dipantulkan  oleh permukaan sampel yang disinari oleh sumber cahaya. Pengukuran dari refleksi ini diubah menjadi skala logaritma dengan rumus D = -log R (D = density, R = Pantulan)
Densitometer tidak dapat digunakan untuk mengukur konsentrasi sampel seperti dalam kolorimetri tapi densitometer digunakan untuk mengukur kerapatan cahayanya.

Berikut ini adalah mekanisme kerja densitometer secara sistematis.



Sumber cahaya menyinari sampel secara tegak lurus (sudut 90ᴼ) namun sensor dipasang pada sudut 45ᴼ untuk menghindari efek glossy sehingga yang tertangkap oleh sensor adalah benar-benar cahaya yang direfleksikan oleh permukaan sampel.
Sensor menangkap cahaya yang direfleksikan oleh permukaan sampel, kemudian diubah menjadi skala logaritma dengan rumus tertentu sehingga didapatkan hasil kerapatan cahaya dari sampel. Hasil dari perhitungan akan ditampilkan pada display.
Densitometer adalah alat  penelitian yang biasa digunakan untuk mengukur kerapatan cahaya suatu objek namun dalam dunia fotografi densitometer juga digunakan untuk menilai kualitas suatu gambar atau alat pencetak.
Secara garis besar ada dua tipe densitometer, yaitu:
a.    Densitometer pantulan/refleksi
Densitometer ini digunakan untuk mengukur kerapatan cahaya pada sampel yang tidak permukaan yang tidak tembus cahaya/transparan.
densitometer pantulan 
b.    Densitometer transmisi
Densitometer yang digunakan untuk mengukur kerapatan cahaya pada sampel yang transparan, misalnya hasil negative foto.

densitometer transmisi
Dalam dunia kesehatan, densitometer digunakan dalam mendeteksi keadaan osteophorosis. Densitometer akan mengukur kerapatan tulang. Tulang yang rapuh kerapatannya akan berkurang. Inilah yang dinamakan osteophorosis.

Bone densitometer
Dalam kimia sendiri, densitometer merupakan salah satu komponen pendukung pada metode kromatografi, yaitu kromatografi lempeng tipis dan kromatografi kertas. Densitometer akan mengukur kerapatan titik pada daerah rambatan. Adanya densitometer dapat menunjang dugaan komposisi dari sampel.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar